Download Kisi-Kisi Soal LKS SMK Tahun 2019 : Joinery

Kisi-Kisi LKS SMK Joinery

Download Kisi-Kisi Soal Lomba Kegiatan Siswa (LKS) Jenjang SMK Tahun 2019 di Bidang Lomba Joinery






Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memberikan mengenai Kisi-Kisi Soal Lomba Kegiatan Siswa (LKS) Jenjang SMK Tahun 2019 di Bidang Lomba Joinery

Direktorat Pemblnaan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidlkan dan Kebudayaan senantiasa memperbaiki kualitas pendidikan dengan menyesuaikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, saat sekarang diera revolusllndustri 4.0, kita antisipasi dan persiapkan siswa untuk bisa mengejar mutu yang dipersyaratkan sehingga siap kerja sesual keterampilan baik didalam maupun diluar negeri.

Untuk mewujudkan pemenuhan kebutuhan pasar kerja tersebut, siswa SMK harus memiliki keahlian maupun keterampilan abad ke-21 sebagai bagian dari proses pengembangan sumber daya manusia (SDM), maka pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) harus mampu menghasilkan lulusan yang mampu berpartisipasi dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat dan mampu menunjukkan keahlian dan daya saing dikancah naslonal maupun internasional.

LKS SMK merupakan wahana bagi siswa SMK untuk mengasah karakter positif, produktif, kreatif, dan inovatif, memotivasi siswa SMK untuk meningkatkan keahlian sesuai standar dunia industri, mendorong produktivitas siswa SMK untuk mampu bekerja secara optimal dan menghasilkan produk inovatlf, mengetahui peta kualltas dan kemampuan SMK diseluruh Indonesia sesuai standar dunia usaha industri, mempromosikan performa kerja siswa SMK dan meningkatkan citra SMK, meningkatkan kerjasama yang lebih intensif antara lembaga pendidikan (SMK) dengan dunia usaha/dunia industri (DUDI), asosiasi profesi dan berbagai pihak lainnya, menjalin persahabatan dan kerjasama secara nasional maupun internasional dalam membangun pendidikan menengah kejuruan, memberikan kesempatan dan motivasi kepada siswa SMK untuk berkompetisi secara positf, menyediakan sarana pengembangan dan pengakuan keunggulan kerja bagi siswa SMK yang memiliki kompetensi sesuai dengan tuntutan dunia kerja, melibatkan publik dan ekosistem pendidikan dan kebudayaan untuk berpartisipasi aktif sehingga tercipta kebersamaan serta proses akulturasi kebudayaan.

Pada tahun 2019 ini, LKS SMK Tingkat Nasional XXVII diselenggarakan pada tanggal 07 s.d. 13 Juli 2019 di Yogyakarta. Bidang kompetensi yang akan dilombakan meliputi 29 jenis bidang lomba. Selain lomba, juga dlselenggarakan kegiatan pendukung lainnya seperti pameran produk inovasi unggulan hasil karya siswa SMK, workshop, pelatihan, pentas seni dan budaya, gerakan literasi sekolah (GLS), sertifikasi dan Kewirausahaan.

Penyusunan dokumen LKS SMK Tingkat Nasional XXVII ini telah melibatkan peran akademisi, praktisi dari pakar dunia usaha dan dunia industri serta alumni peserta World Skill Competiton (WSC) agar Soal LKS yang dihasilkan berkualitas sesuai perkembangan dunia industri/dunia usaha. Sehingga peserta LKS SMK Tingkat Nasional XXVII tahun 2019 memiliki kompetensi keahlian yang sesuai dengan standar kebutuhan industri.

Isi Buku Kisi-Kisi LKS SMK 2019 dengan Bidang lomba Joinery

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) adalah kegiatan untuk menguji kompetensi siswa SMK guna melihat sejauh mana standar kompetensi di setiap provinsi, sehingga LKS ini dapat digunakan sebagai parameter keberhasilan kompetensi di sekolah.

Bidang Lomba Joinery adalah pembuatan konstruksi kayu, antara lain kusen, pintu, jendela, tangga dan sejenisnya. Yang sering diujikan adalah jendela dan tangga, baik di World Skills Competition (WSC) maupun ASEAN Skills Competition (ASC) dengan standar penilaian meliputi kualitas hasil pengerjaan, keakuratan ukuran, dengan batasan waktu pengerjaan.

Berikut ini Kisi-Kisi LKS SMK 2019 dengan Bidang Joinery :
1. Pendahuluan
2. Spesifikasi Standar Kompetensi LKS SMK
3. Strategi Asesmen dan Spesifikasi
4. Skema Penilaian
5. Proyek Uji LKS
6. Keterampilan Manajemen dan Komunikasi
7. Persyaratan Keamanan
8. Alat
9. Bahan
10. Layout Bidang Lomba
11. Pengunjung dan Media
12. Keberlanjutan




Download Kisi-Kisi Soal LKS SMK: Joinery
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan agar mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai Kisi-Kisi Soal Lomba Kegiatan Siswa (LKS) Jenjang SMK Tahun 2019 di Bidang Lomba Joinery ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

0/Post a Comment/Comments