Download RPP K-13 PKN SMP Kelas 9 Semester 1 Revisi 2020 (1 Lembar)

RPP PKN Kelas 9 Semester 1

Contoh RPP PKN SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 1 Lembar Tahun 2019/2020





Blognazmy - Pada kesempatan ini saya akan memberikan mengenai RPP K-13 PKN SMP Kelas 9 Semester 1 Revisi Terbaru 2020 (1 Lembar)

RPP merupakan berkas rencana kegiatan pembelajaran tatap muka yang harus diisi guru sebelum memulai kelas. Mendikbud Nadiem mengatakan RPP ini penting untuk tetap diimplementasi.

Untuk saat ini, pembuatan RPP bagi guru cukup satu lembar saja. Komponen panjang itu hanya menjadi tiga komponen utama, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian.

Tiga komponen itu memuat dalam satu lembar, jauh lebih sedikit dibanding belasan lembar yang selama ini harus diisi.

RPP K-13 PKN SMP Kelas 9 Semester 1 Revisi Terbaru 2020 (1 Lembar) ini sangat di perlukan oleh seorang guru agar saat mengajar guru tersebut sudah memiliki penguasaan dan persiapan yang matang dalam melakukan proses pembelajaran.

Dengan membuat RPP K-13 PKN SMP Kelas 9 Semester 1 Revisi Terbaru 2020 (1 Lembar) ini maka guru telah memiliki langkah-langkah dan metode yang tepat dalam kegiatan pembelajaran sehingga sangat membantu dalam kelancaran proses pembelajaran.

Saat ini hampir semua sekolah telah menggunakan kurikulum 2013 yang mana kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru pengganti kurikulum KTSP.

Contoh RPP Kurikulum 2013 PKN SMP Kelas 9 Semester 1 Revisi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SMP N ......
Mata Pelajaran : PPKn
Kelas/Semester : 9 / 1 (Ganjil)
Alokasi Waktu : 3 JP
Materi Pokok : Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

Kompetensi Dasar
1.1 Mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
1.2 Menunjukkan sikap bangga akan tanah air sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
1.3 Membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
1.4 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

Indikator Pencapaian Kompetensi
? Mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara yang merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
? Menunjukkan sikap bangga akan tanah air sebagai perwujudan nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
? Melakukan analisis dinamika peristiwa dan dinamika yang terjadi di masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
? Menyusun dan menyajikan analisis dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dengan penuh rasa tanggung jawab

A. TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui penggunaan model PaIIM SEHATI, peserta didik dapat menyusun dan menyajikan hasil telaah tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar Negara.

B. MEDIA PEMBELAJARAN DAN SUMBER BELAJAR
Media : Worksheet atau lembar kerja (siswa), Lembar penilaian dan LCD Proyektor
Alat/Bahan : Penggaris, spidol, Laptop & infocus
? Internet di situs website resmi http://www.ilmuguru.org

C. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
01. Pendahuluan (15 Menit)
Senangi (Sapaan hangat dan bersahabat dengan) :
1. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran (PPK: Religius)
2. Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
3. Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik ( SPAB)

02. Kegiatan Inti (90 Menit)
Hubungkan
? Peserta didik mengetahui kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran (Ambak Quantum)
? Peserta didik dibimbing untuk mengingat kembali pelajaran sebelumnya.

Alami
? Peserta didik dibimbing membentuk beberapa kelompok
? Secara berkelompok peserta didik melakukan penelitian sederhana tentang dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dipandu LKPD

Terapkan
? Peserta didik membuat laporan hasil penelitian sederhana tentang Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa
? Peserta didik membuat dan memajangkan peta konsep laporan hasil penelitian tentang Dinamika perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa. Kelompok lain menanggapi.

03. Penutup (15 Menit)
Inspirasikan
Peserta didik melakukan refleksi diri dengan menulis apa saja yang sudah dilakukan dalam rangka perwujudan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa dan membuat rencana menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat.

D. PENILAIAN
Penilaian Sikap: Melalui Portopolio hasil kerja siswa (LKPD) dan Tes Tertulis; Penilaian Pengetahuan:
Penilaian Keterampilan:

Download RPP PKN SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013

Pada kurikulum 2013 ini guru dituntut untuk lebih kreatif serta harus melek terhadap teknologi sehingga dalam pembuatan rencana pembelajaran guru harus bisa menguasai komputer. Selengkapnya silahkan unduh disini.


Download RPP PKN Kelas 9 Semester 1 Revisi 2020 (1 Lembar)
Dipersilahkan untuk mendonwload Lampiran tersebut pada tautan yang telah disediakan agar mendapatkan file yang lengkap dan utuh.

Semoga sebaran informasi Mengenai RPP K-13 PKN SMP Kelas 9 Semester 1 Revisi Terbaru 2020 ini bermanfaat dan salam sukses selalu!

0/Post a Comment/Comments